Hemat Belanja Online

Base

Name

Hemat Belanja Online

Bio

Ketika pandemi Covid-19 melanda, masyarakat Indonesia lebih memilih belanja online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Peneliti Center for Digital Society atau CfDS, Tony Seno mengatakan bahwa transaksi belanja online di Indonesia meningkat 30% selama pandemi. Selain menjadi metode belanja yang lebih praktis, masyarakat juga bisa terhindar dari keramaian dan pemakaian uang tunai yang memiliki potensi menularkan virus.
Manfaatkan Diskon Belanja Online
Berbagai promo menarik yang ditawarkan oleh e-commerce juga jadi salah satu alasan belanja online semakin diminati. Misalnya ketika situs belanja online tersebut ulang tahun, Anda bisa mendapatkan diskon ulang tahun. Saat ada tanggal cantik juga bisa Anda manfaatkan untuk dapat potongan harga, seperti promo 10.10 hingga promo 11.11 dan Harbolnas pada promo 12.12 di akhir tahun.

Pada momen tertentu, toko online atau e-commerce mengadakan promosi yang bisa Anda manfaatkan. Bentuk promosi yang ada juga beragam, mulai potongan harga, beli satu gratis satu, gratis ongkos kirim dan lain sebagainya. Mengingat periode promo biasanya berlangsung dalam waktu terbatas, jangan lupa untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dari beragam e-commerce. Jangan kehilangan kesempatan untuk belanja hemat.

Walau begitu, jangan sampai mudahnya belanja online membuat Anda terlena. Atur pengeluaran agar sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Karena tidak hanya menjaga kesehatan, menjaga stabilitas keuangan juga penting di tengah pandemi. Anda dapat menerapkan tips hemat belanja online di bawah ini supaya keuangan stabil selama pandemi.
– Alokasikan Pengeluaran Sekunder Bagi Dana Darurat
Usahakan untuk mengatur pengeluaran yang bersifat sekunder, misalnya hiburan, pakaian, dan lain sebagainya. Anda dapat mengalokasikan pengeluaran tersebut untuk kebutuhan pada pos penting lain, contohnya kesehatan dan dana darurat. Dana darurat sangat berguna bila Anda menghadapi situasi tidak terduga di tengah pandemi, misalnya kehilangan pekerjaan. Terlebih, hingga sekarang masih belum jelas kapan situasi pandemi berakhir.

Dengan mewabahnya Covid-19 ini, sebenarnya ada berbagai hal yang dapat ditekan dalam pengeluaran sekunder. Dana itu dapat dialihkan untuk dua hal. Pertama, menabung untuk dana darurat, sebab Anda tidak tahu sampai kapan pandemi berlangsung. Lalu kedua, Anda tetap dapat belanja untuk turut membantu perekonomian Indonesia dengan beli di UMKM.

Cari barang atau promo apa saja yang mereka tawarkan dan belanja sesuai dengan kebutuhan. Namun jika tidak terlalu butuh, Anda bisa tetap beli tapi untuk dibagikan pada yang lebih memerlukan. Sebab bila Anda memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya untuk berbagi. Jadi Anda bisa saling menolong sekaligus juga dapat tetap membuat ekonomi berjalan
– Bandingkan Harga Antar Situs Belanja Online
Sebelum belanja, selalu lihat perbandingan harga produk di sejumlah toko atau platform. Walau memakan waktu lebih, hal ini bisa membantu Anda agar mendapatkan harga terbaik supaya dapat lebih hemat. Tidak hanya itu, Anda juga harus mencermati variabel ongkos kirim pada perhitungan belanja online.

Bisa jadi, ada produk memiliki harg relatif lebih murah, namun ongkos kirimnya mahal. Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang ada pada setiap e-commerce untuk perbandingan harga. Misal saja, fitur sortir yang dapat membantu Anda menentukan batas harga bawah dan atas sebuah produk. Kemudian, ada tombol yang bisa menampilkan barang mulai dari harga paling murah.
Selalu Utamakan Kebutuhan Primer
Tidak dapat dipungkiri sebagai manusia, khususnya wanita seringkali sulit dalam menahan godaan belanja online. Apalagi pada masa work from home dan physical distancing seperti saat ini, ada sangat banyak penawaran menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tetapi di tengah krisis pandemi saat ini, Anda tidak hanya wajib menjaga kesehatan namun juga harus menjaga supaya keuangan tetap stabil.

Salah satu caranya yaitu dengan hemat dan mengurangi belanja yang tidak perlu. Anda harus benar-benar cermat pada pengeluaran supaya kantong tidak tekor. Pastikan, Anda mengecek semua kebutuhan yang harus dibeli sebelum belanja.

Fokuskan semuanya untuk kebutuhan primer dan keperluan yang diperlukan selama work from home dan physical distancing.

Fokus pada kebutuhan primer yang memang diperlukan, seperti bahan makanan, perlengkapan rumah tangga dan lain-lain. Jika ada bahan dan barang yang belum diperlukan sekarang ini, mungkin tidak perlu dibeli. Pastikan semua barang yang dibeli dapat memenuhi kebutuhan Anda selama masa WFH ini. Belanja dengan wajar saja, usahakan agar tidak menimbun bahan pokok.
Tunda Belanja Online Barang Mewah
Ketika menghadapi krisis seperti saat ini, sebaiknya Anda menghindari pembelian yang bersifat mewah. Bila umumnya mengalokasikan dana untuk beli fashion item branded import atau barang mahal lain, sebaiknya menunda terlebih dahulu. Untuk gantinya, Anda dapat mengalokasikan dananya untuk kesehatan dan kebutuhan lain yang jauh lebih penting. Tunda pembelian barang mewah, sebab Anda belum tahu selesainya masa pandemi ini sampai kapan. Tidak hanya itu, biaya hiburan juga dapat digunakan untuk dana kesehatan yang jauh lebih penting sekarang ini.